FUNGSI KULIT

11 Agu

FUNGSI KULIT

TUGAS KELOMPOK

DISAMPAIKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH

KONSEP DASAR IPA II

DISUSUN OLEH :

Agus Salam         /         F37009057

Devi Angreani     /         F37010035

Rausan Fik F.E   /         F37010027

Teha Yanti          /         F37010014

 

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TANJUNGPURA

PONTIANAK

2011

TOPIK                         : SISTEM KULIT

Rumusan Masalah

Rumusan Umum         : Kulit sebagai lapisan jaringan yang menutupi dan melindungi permukaan tubuh tidak hanya memberikan fungsi proteksi,  namun juga memiliki banyak fungsi lainnya bagi tubuh.

Pertanyaan:

  1. Apa sajakah fungsi kulit selain sebagai pelindung permukaan tubuh?
  2. Bagaimanakah kulit dapat merasakan nyeri dan adakah fungsi dari rasa nyeri tersebut?
  3. Apa sajakah jenis-jenis nyeri yang dapat dirasakan oleh kulit?
  4. Bagaimana fungsi rambut sebagai bagian dari kulit?
  5. Bagaimana fungsi kuku sebagai bagian dari kulit

 

No

Data

Sumber

Metode

1.

Kulit memiliki beberapa fungsi:

  1. Fungsi proteksi, kulit menjaga bagian dalam tubuh dari gangguan fisis atau mekanis, misalnya terhadap gesekan, tarikan, gangguan kimiawi yang dapat menimbulkan iritasi.
  2. Fungsi absorbsi, kulit yang sehat tidak mudah menyerap air, larutan dan benda padat, tetapi cairan yang mudah menguap dan yang larut dalam lemak lebih mudah diserap. Permeabilitas kulit terhadap O2, CO dan uap air memungkinkan kulit ikut mengambil bagian pada fungsi respirasi.
  3. Pengatur panas, suhu tubuh tetap stabil meskipun terjadi perubahan suhu lingkungan, karena adanya penyesuaian antara panas yang dihasilkan oleh pusat pengatur panas, medula oblongata. Pengendalian persarafan dan vasomotorik ada dua cara, yaitu vasodilatasi (kapiler melebar, kulit menjadi panas dan kelebihan panas dipancarkan ke keringat sehingga terjadi penguapan cairan pada permukaan tubuh) dan vasokonstriksi (pembuluh darah mengerut, kulit menjadi pucat dan dingin, hilangnya keringat dibatasi, dan panas suhu tubuh tidak dikeluarkan (mempertahankan suhu tubuh dengan pertolongan sirkulasi darah).
  4. Fungsi ekskresi, kelenjar-kelenjar kulit mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna lagi atau zat sisa metabolism dalam tubuh berupa NaCl, urea, asam urat dan ammonia. Sebum (bahan berminyak yang melindungi kulit) berguna untuk melindungi kulit menahan air yang berlebihan sehingga kulit tidak kering.
  5. Fungsi persepsi, kulit mengandung ujung-ujung saraf sensorik di dermis dan subkutis. Respon terhadap ransangan panas diperankan oleh dermis dan subkutis, terhadap dingin diperankan oleh dermis, perabaan diperankan oleh papilla dermis dan markel renvier, sedangkan tekanan diperankan oleh dermis.
  6. Fungsi pembentukan pigmen, sel pembentuk pigmen (melanosit) membentuk warna kulit.
  7. Fungsi keratinasi, keratinosit melalui proses sintasis dan degenerasi menjadi lapisan tanduk yang berlangsung kira-kira 14-21 hari dan memberikan perlindungan kulit terhadap infeksi secara mekanis-fisiolofik.
  8. Fungsi pembentukan vitamin D, derngan mengubah dehidroksi kolesterol dengan pertolongan sinar matahari.
Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Keperawatan.

Drs. H. Syaifuddin, AMK

Studi kepustakaan

2.

Rasa nyeri pada kulit timbul oleh rangsanganyang merusak. Rasa nyeri ini terutama berfungsi untuk perlindungan, mencegah kerusakan lebih lanjut dari jaringan yang terkena. Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Keperawatan.

Drs. H. Syaifuddin, AMK

Studi kepustakaan

3.

 

 

Rasa nyeri pada kulit:

–          Nyeri proyeksi, nyeri bukan pada tempat rangsangan tetapi pada proyeksi perifer (ujung) serat saraf yang bersangkutan.

–          Nyeri alih, terjadi bila ransangan rasa nyeri berasal dari alat dalam.

–          Hiperalgesia, bentuk nyeri khusus yang dialami oleh penderita yang kulitnya terkena rangsang noniseptif, misalnya terik matahari dan luka bakar.

–          Hipalgesia, menurunnya rasa nyeri atau analgesia dengan obat atau tusuk jarum.

–          Nyeri kronis, suatu perubahan pada system saraf pusat dalam pengolahan rasa nyeri yang belum diketahui sebabnya. Salah satu organ tubuh yang diamputasi dapat mengalami rasa nyeri yang dirasakan seperti berasal dari bagian tubuh yang telah dibuang. Rasa nyeri ini sukar diobati dan timbul karena gangguan sentral yang prosesnya belum dapat diterangkan.

–          Rasa gatal, merupakan bentuk khusus rasa nyeri yang timbul pada kondisi perangsangan tertentu.

 

 

Anatomi Fisiologi untuk Mahasiswa Keperawatan.

Drs. H. Syaifuddin, AMK

 

 

Studi kepustakaan

 

 

 

 

 

 

 

4.

Fungsi Rambut:

 

  1. Pada Kepala

    Fungsi rambut adalah untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin. Sedangkan rambut yang ada di kepala anda berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai rambut dan setiap helai tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Tetapi rambut akan mengalami kerontokan setiap hari, 50 hingga 100 helai, namun rambut baru akan tumbuh.

  2. Pada Mata
    Fungsi alis dan bulu mata selain untuk keindahan dan kecantikan adalah untuk menahan keringat dan hujan yang mengenai dahi kemudian ke mata. Alis mata juga dapat memperdalam karakter wajah Anda sesungguhnya.
  3. Pada Hidung
    Dengan adanya rambut pada hidung, maka bakteri, jamur, debu ataupun spora yang masuk kedalam hidung akan terhambat dan tersaring. Tidak hanya itu saja, rambut pada hidung juga berfungsi meningkatkan kelembaban udara yang dihirup. Hal ini sangat penting untuk proses respirasi lanjutan.
  4. Kumis, Janggut, bulu dada dan perut

kumis dan jenggot itu adalah sebagai tanda kelamin sekunder buat lelaki yang sudah dewasa, atau dengan kata lain, sebagai salah satu pembeda antara laki-laki dan perempuan. Seperti halnya kumis dan jenggot, fungsi rambut pada dada dan perut adalah sebagai tanda kelamin sekunder buat lelaki yang sudah dewasa.

  1. Pada ketiak
    Seperti halnya rambut badan yang lain, rambut pada ketiak biasanya mulai tumbuh pada masa pubertas dan pertumbuhannya biasanya sampai pada akhir usia remaja, yakni 18-20 tahun. Perembesan feromon dari ketiak pada tingkat perkembangan manusia menunjukkan kaitan antara rambut ketiak dengan keseksualan.

    Respons positif terhadap rangsangan olfaktori di dalam mamalia dan desakan seks yang kuat yang disebabkan oleh perembesan feromon memberi petunjuk yang berguna mengenai tujuan dan kepentingan rambut ketiak kepada manusia. Pernah dikatakan bahawa rambut itu sendiri bertindak sebagai sifat “anti-geseran” semula jadi antara lengan atas dengan toraks. Lebih penting lagi, rambut ketiak secara semula jadi mengusir kelembapan dari kulit yang membantu kulit supaya cukup kering bagi mencegah berkembangnya bakteria yang mengeluarkan bau.

  2. Pada Tangan dan Kaki
    Fungsi rambut kaki dan tangan adalah sebagai alat sensor yang paling mujarab. Misal kaki kita berjalan di semak belukar. Hal yang direspon oleh kaki kita adalah banyak. Mulai tumbuhan yang bikin gatal atau bisa merespon kalau ada ulat.
  3. Pada Kemaluan
    Berbagai teori menyatakan bahwa fungsi dari rambut kelamin adalah memberikan kehangatan, indikasi visual dari kematangan seksual, pengumpulan dari pengeluaran feromon, mengurangi gesekan luar saat hubungan seksual, pelindung wilayah yang ditumbuhi rambut kemaluan, karena wilayah ini sensitif.
http://kodokoala.blogspot.com/2011/06/fungsi-rambut-di-seluruh-bagian-tubuh.html#ixzz1b5Nr2lds

 

Media internet

5.

Fungsi Kuku:

Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh, selain itu sejak dulu, sudah ada teknik mendiagnosis penyakit lewat kuku. Penafsiran penyakit lewat kuku ini sebenarnya sudah dilakukan orang sejak zaman Hippocrates.

Berikut beberapa kejanggalan kuku yang dapat membantu dokter mendiagnosis suatu penyakit:

  • Warna kebiruan pada pangkal kuku menandakan kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.
  • Bila separuh bagian dekat ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih, itu merupakan gejala penyakit gagal ginjal kronis.
  • Bila timbul kerutan horizontal dan kuku tampak kusam, itu menandakan kurang gizi atau gejala suatu penyakit seperti campak, cacar air, gondok, jantung serta kondisi seperti sindrom Reynaud (kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat sangat kedinginan).
  • Lapisan merah membujur pada kuku, menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler. Garis-garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi (hipertensi).
  • Bila pertumbuhan kuku tampak lambat, tebal dan mengeras serta kekuning-kuningan, menandakan gangguan getah bening atau penyakit pencernaan kronis.
  • Timbulnya bintik-bintik tak beraturan pada kuku, menandakan adanya penyakit psoriasis (penyakit kulit kronis).
  • Bila ada lengkungan berlebihan pada pangkal kuku dan sekitar ujung kuku, itu menandakan gejala penyakit TBC, emfisema (gangguan pada paru-paru), penyakit kardiovaskuler atau hati.

 

Wikipedia Ensiklopedia Bebas

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Kuku

Media internet

 

Analisis Data:

Ternyata kulit memiliki fungsi-fungsi yang sangat kompleks dan berhubungan dengan bagian lain pada tubuh manusia. Manusia tidak dapat hidup tanpa adanya fungsi-fungsi yang diberikan oleh kulit

Kesimpulan:

Kulit memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Melindungi tubuh terhadap luka, mekanis, kimia, dan termis karena epitelnya dengan bantuan secret kelenjar memberi perlindungan terhadap kulit.
  2. Perlindungan terhadap mikroorganisme pathogen
  3. Mempertahankan suhu tubuh dengan pertolongan sirkulasi darah
  4. Mengatur keseimbangan cairan melalui sirkulasi kelenjar
  5. Alat indra melalui persarafan sensorik dan tekanan temperature dan nyeri
  6. Sebagai alat rangsangan rasa yang datang dari luar yang dibawa oleh saraf sensorik dan motorik ke otak

Rasa nyeri pada kulit berfungsi untuk perlindungan, mencegah kerusakan lebih lanjut dari jaringan yang terkena.

Nyeri terbagi menjadi beberapa macam yaitu :

  1. Nyeri proyeksi
  2. Nyeri alih
  3. Hiperalgesia
  4. Hipalgesia
  5. Nyeri kronis
  6. Rasa gatal

Rambut berfungsi sebagai pelindung sesuai dengan letaknya

Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh

silahkan berikan komentar / tanggapan..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Orang yang Terasing

Islam, Ahlussunnah,asing,manhaj,ibnujafar86,terasing,pengembara

3WD's Blog

If we want a different life, don't be afraid to make a different decision.

SMS

Suara Media Sejahtera

Berjuang Pantang Menyerah

Just another WordPress.com weblog

Ma'had Utsman Bin Affan - JAKARTA

Program Bahasa arab & Studi Islam

Cococokie's Jar

What cookie can you find in this jar?

The works of Wiryanto Dewobroto

as structural engineer, lecturer and writer

mentaridicelahsabit

The soul would have no rainbow, if the eyes had no tears. (an Indian aphorism)

Zona CahayaMata

Berpikir... Berkarya...Menapaki Jejak Kehidupan dalam Wacana....Saya harus tulis isi kepala saya. Kalau tidak, hanya akan memenuhi kepala tanpa jadi apa apa...

Puisi adalah Hidupku

Tulisan Merupakan Gambaran Hati

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: